SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Jl. Sutorejo No. 98-100 Surabaya

"Excellence In Achievement, Islamic In Character"

Sejarah 17 Ramadhan

Rabu, 28 April 2021 ~ Oleh administrator ~ Dilihat 1808 Kali

Setiap tahun, datangnya Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan yang penuh ampunan, umat Islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. 

Di bulan yang diliputi keberkahan, kemuliaaan dan keistimewaan itu, tanggal 17 Ramadan menjadi peristiwa nuzulul quran atau turunnya Al Quran.  Pada surat al-Baqarah ayat 185 diterangkan bahwa Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan hingga mendapat sebutan Syahrul Qur’an.  Pendapat yang masyhur adalah 5 ayat Surat Al Alaq, turun pertama kali di gua Hira’ melalui malaikat Jibril pada 17 Ramadhan. Turunnya ayat pertama kali kepada Rasulullah SAW ini sekaligus sebagai pengangkatan Nabi Muhammad SAW menjadi utusan Allah. 

Selain turunnya Al Qur'an, ada juga Perang Badar Perang Badar Al Kubra terjadi pada bulan Ramadan tahun kedua sesudah Hijrah.   Di peristiwa ini, Umat Islam berhasil memenangi perang ini. Dalam sejarah, inilah kemenangan agung pertama pejuang-pejuang Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan.   Kisah Perang Badar ini paling terkenal dan sangat banyak terdapat hikmah dan pelajaran di dalamnya.

Rasulullah memimpin langsung aksi penyerangan yang hanya melibatkan sekitar 313 orang muslim, 8 pedang, 6 baju perang, 70 ekor unta, dan 2 ekor kuda. Sedangkan kaum Quraisy memiliki 1.000 orang, 600 persenjataan lengkap, 700 unta, dan 300 kuda. (TIM HUMAS SMP MIOS)  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Fathoni, S.Pd.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,    Saya ucapkan Selamat Datang di Official Website resmi SMP Muhammadiyah 10 Surabaya.    Seraya memanjatkan puji…

Selengkapnya